MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Selasa, 17 September 2024

Visi dan Misi MTsN 16 Ciamis


VISI MADRASAH :

TERWUJUDNYA INSAN MADRASAH

“BerGeMa”

( BERAKHLAK MULIA, BERGELIAT DALAM PRESTASI,

DAN MANDIRI DALAM KEARIFAN LOKAL )


MISI MADRASAH :


1.   MENUMBUHKAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN NILAI-NILAI AJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA;

 

2.   MENGEMBANGKAN PROSES PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SESUAI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DENGAN MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL;

 

3.   MEMBINA KEMANDIRIAN DENGAN MENUMBUHKEMBANGKAN SEMANGAT BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI PADA PESERTA DIDIK;

 

4.   MENJALIN KERJASAMA YANG HARMONIS ANTARWARGA MADRASAH DAN PIHAK LAIN

      YANG TERKAIT.


Senin, 16 September 2024

Visitasi Akreditasi MTsN 16 Ciamis Tahun 2024


Setelahnya habis masa perpanjangan Akreditasi Automasi Tahun 2024 selama satu tahun, kini Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Ciamis (MTsN 16 Ciamis) akan mengahadapi Visitasi Akreditasi oleh Tim Asesor dari BAN-PDM Provinsi Jawa Barat Nomor: 0821/BAN-PDM-JABAR/TU/2024 pada Tahap II Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-18 September 2024.


MTsN 16 Ciamis “BerGeMa” Bersama Bergerak Maju. “BerGeMa” merupakan penjewantahan dari Visi MTsN 16 Ciamis:

TERWUJUDNYA INSAN MADRASAH YANG “BerGeMa”

(Berakhlak Mulia, Bergeliat dalam Prestasi, Mandiri dalam Kearifan Lokal)

Indikator Ketercapaian Visi MTs Negeri 16 Ciamis:

1.  Berakhlak Mulia

Menumbuhkan perilaku yang meneladani sifat-sifat yang baik (al-akhlaq al-karimah): hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, jujur, amanah, disiplin, tekun beribadah, tanggung jawab, dan toleransi pada sesama.

2.  Bergeliat dalam Prestasi

 Bergeliat dalam prestasi bidang akademik maupun non akademik;

 Tenaga pendidik dan kependidikan bekerja secara profesional.

3.  Mandiri dalam Kearifan Lokal

 Terciptanya budaya tertib, bersih dan cinta lingkungan;

 Menjunjung tinggi budaya daerah yang sesuai dengan kepribadian bangsa.


Adapun Misi MTs Negeri 16 Ciamis adalah sebagai berikut:

1. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran Agama Islam untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia;

2. Mengembangkan proses penyelenggaraan pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan dengan menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal;

3. Membina kemandirian dengan menumbuhkembangkan semangat berkompetisi dan berprestasi pada peserta didik;

4. Menjalin kerjasama yang harmonis antarwarga madrasah dan pihak lain yang terkait.


MOTTO:

Moving Forward Together (Bersama Bergerak Maju) = “BerGeMa”







Selasa, 10 September 2024

Logo MTsN 16 Ciamis











 

Tanamkan Sikap Moderasi Beragama, Siswa MTsN 16 Ciamis Ikut Memeriahkan Milangkala Gong Perdamaian Dunia Ke-15

Ciamis Karangkamulyan - Milangkala Gong Perdamaian Dunia yang ke-15 diperingati di Objek Wisata Situs Ciung Wanara, Bojong Galuh Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat Senin (9/9/2024).

Ciamis menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Barat, yang memiliki Gong Perdamaian Dunia, yang berdiri sejak 9 September 2009. Tema milangkala tahun ini adalah "Kebersamaan untuk Perdamaian", yang menegaskan komitmen terhadap harmonisasi antar umat manusia, karena Gong Perdamaian Dunia atau yang juga disebut dengan World Peace Gong merupakan ikon simbolik perdamaian.

Kepala MTsN 16 Ciamis, Sali, M.Pd. menghadiri undangan acara Milangkala Gong Perdamaian Dunia ini bersama para guru dan 15 peserta didik/siswa sesuai permintaan dalam undangan.

“Kami merasa bangga mendapat undangan ini, terlebih peserta didik kami diberi tugas untuk mengisi acara Kirab Kebhinekaan dengan memegang bentangan kain perdamaian yang ditandatangani dari berbagai elemen masyarakat, termasuk para pemuka lintas agama,” ujar Sali, M.Pd.

Kepala MTsN 16 Ciamis, Sali, M.Pd. didampingi Bidang Kurikulum, Hasbi Habibi mengatakan, “Saya berharap, melalui keikutsertaan peserta didik/siswa MTsN 16 Ciamis dalam perayaan Gong Perdamaian Dunia ini dapat menumbuhkan sikap moderasi beragama yang mengusung perdamaian dan kebersamaan tanpa memandang ras, suku, maupun agama.”

Acara ini dihadiri Pj. Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna, Kasdim 0613/Ciamis, Wakapolres serta sejumlah pejabat dan tokoh. Momen ini juga turut dihadiri oleh para budayawan dari berbagai daerah di Indonesia dan terjauh dari Papua.

Selanjutnya, dalam kegiatan ini diisi dengan berbagai acara budaya dan pementasan yang melibatkan tokoh-tokoh lokal serta tamu undangan dari luar daerah. Hal ini tidak hanya merayakan simbol perdamaian, tetapi juga memperkenalkan budaya lokal kepada publik yang lebih luas. []



Pewarta: Kang Hasbi Habibi