MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Selasa, 06 Agustus 2024

Pengawas Madrasah Gemakan Qiroatil Qur’an di MTsN 16 Ciamis

Ciamis Cisaga – Salah salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan minat peserta didik dalam membaca al-Qur’an adalah melaksanakan bimbingan Qiroatil Qur’an.

Pengawas Madrasah, Drs. Ade Budi Hartawan, M.Pd.I didampingi Kepala MTsN 16 Ciamis secara resmi membuka pelaksanaan Gema Qiroatil Qur’an perdana di MTs Negeri 16 Ciamis, Selasa (6/8/2024). 

Selanjutnya program ini akan dilaksanakan setiap seminggu sekali (4 kali pertemuan dalam satu bulan) di luar jam pembelajaran wajib. Kali ini sebagaimana program bidang keagamaan yang dimotori guru Al-Qur’an Hadits, Renia Nurlaila, S.Pd.I memulai bimbingan Qiro’atil Qur’an untuk seluruh peserta didik yang memiliki minat setelahnya tahapan Tahsin al-Qur’an. 

“Sebelum mengikuti level ini peserta didik wajib mengikuti program Tahsin al-Qur’an terlebih dahulu melalui bimbingan intensif melalui guru-guru pembimbing,” ujar Renia.

Sebagai Pengawas Madrasah, Drs. Ade Budi Hartawan, M.Pd.I begitu antusias bahkan ikut andil mengemakan al-Qur’an, khususnya di MTs Negeri 16 Ciamis melalui program Gema Qiro’atil Quran.

Kepala Madrasah, Sali, M.Pd. menghimbau, “Program Gema Qiroatil Qur’an ini diharapkan dapat dilaksanakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kecintaan terhadap al-Quran.”




Pewarta :

Kang Hasbi Habibi


Sabtu, 03 Agustus 2024

Dua Siswi MTsN 16 Ciamis Ikuti Uji Pramuka Garuda di Aula Dasa Darma

CiamisSebanyak dua orang Pramuka Penggalang Putri Gugus Depan 20.086 MTsN 16 Ciamis mengikuti Uji Pramuka Garuda golongan Penggalang Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis bertempat di Aula Dasa Darma Kwarcab. Ciamis (Sabtu, 3/08/2024).

Kedua anggota penggalang putri Gugus Depan MTsN 16 Ciamis yang mengikuti Uji Pramuka Garuda golongan Penggalang adalah Denansa Azmi Khumaira dan Ririn Anggraeni. Kesemuanya adalah siswi kelas VIII.

Kepala MTsN 16 Ciamis, Sali, M.Pd. terus memberikan motivasi kepada peserta yang mengikuti Pramuka Garuda dalam upaya media evaluasi dan peningkatan kualitas sumber daya Pramuka yang tangguh dan memiliki kecakapan.

“Kalian yang mengikuti Pramuka Garuda utusan Gugus Depan MTsN 16 Ciamis harus senantiasa mengamalkan Satya dan Darma Pramuka, meningkatkan kualitas diri secara terus menerus dan dapat menjadi teladan yang baik bagi sesama anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas,” ujar Sali, M.Pd.

Kak Tarjono, selaku pendamping Gugus Depan MTsN 16 Ciamis mengatakan, “Kedua anggota penggalang ini telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus Penggalang Tingkat Terap, dan juga telah menempuh penyelesaian beberapa Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Pramuka Penggalang dan telah lulus baik tingkat Purwa, Madya, maupun Utama.”

Ditambahkan Kak Mumu Murdani didampingi Kak Susi Sulastri, “Sebelumnya, untuk persiapan mengikuti Uji Pramuka Garuda yang digelar oleh Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis ini, telah disiapkan esai tulisan yang berjudul Pramuka dan Kebersihan Lingkungan yang ditulis oleh Denansa serta Pramuka di Era Digital dan Media Sosial yang ditulis oleh Ririn sesuai ketentuan yang ada, mereka juga telah dibekali berbagai keterampilan, di antaranya membuat hasta karya.”

“Hasta karya ini hasil karya yang saya buat sendiri, dan nanti saya akan saya tampilkan di depan Kakak Kakak penguji,” kata Denansa. []

 

 

Pewarta:

Kang Hasbi