MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Jumat, 26 Juli 2024

PROFIL MADRASAH 

A.   Sejarah Berdirinya MTs Negeri 16 Ciamis

MTs Negeri 16 Ciamis yang berada di perbatasan wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah berawal dari MTs Swasta Al-Ittihad berdiri pada tahun 1992 yang bernaung di bawah Yayasan MPP Persatuan Umat Islam (PUI) Kabupaten Ciamis. Seiring dengan perkembangannya yang waktu itu belum ada lembaga pendidikan agama tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berstatus negeri di wilayah Kecamatan Cisaga khususnya, maka dengan melihat perkembangan pendidikan ke depan, pengurus yayasan berinisiatif mengusulkan MTs Swasta Al-Ittihad untuk diubah menjadi MTs yang berstatus negeri yang beralamat di Jalan Nanjung No. 109 KM. 03 RT 04 RW 19 Desa Bangunharja Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis

MTs Swasta Al-Ittihad Bangunharja Cisaga berubah status menjadi MTs Negeri Bangunharja Cisaga Ciamis berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 92 Tahun 2009 tentang Penetapan 83 (Delapan Puluh Tiga) Madrasah Tsanawiyah Negeri yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 Juni 2009 yang ditandatangan oleh Menteri Agama Agama Republik Indonesia Muhammad M. Basyuni.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Ciamis adalah sekolah menengah pertama yang berciri khas Agama Islam sebagai unit pelaksana teknis di bidang pendidikan dalam lingkungan Kementerian Agama. Selanjutnya seiring berjalannya waktu, MTs Negeri Bangunharja Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis ini berubah nama menjadi MTs Negeri 16 Ciamis berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 212 Tahun 2015 tentang Perubahan Nama Madrasah Tsanawiyah Negeri di Provinsi Jawa Barat yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 27 Juli 2015 yang ditandatangani Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin.

Pada tahun 2023, al-hamdulillah MTs Negeri 16 Ciamis mendapatkan perpanjangan akreditasi otomatis dengan status Terakreditasi A berdasarkan Sertifikat Akreditasi BAN-PDM Nomor: PD. 03848/32/2023. Hal ini tidak terlepas dari usaha seluruh stakeholder MTs Negeri 16 Ciamis dalam bekerja sama dengan penuh keikhlasan, berinovasi tanpa henti, bersabar tanpa batas, semata-mata mengharapkan ridha Allah Subhânahu Wata’âla demi terwujudnya visi dan misi madrasah.

Pada Tahun Ajaran 2024/2025, MTs Negeri 16 Ciamis saat ini dipimpin oleh Bapak Sali, M.Pd. yang terdistribusi pada 5 (lima) rombongan belajar. Berdasarkan pengalaman dan prestasi beliau selama ini, seluruh warga madrasah mengharapkan peningkatan yang signifikan dari segala aspek, khususnya peningkatan kualitas dan prestasi lulusan madrasah. Hal ini akan semakin menambah tantangan warga madrasah dalam meningkatan mutu pendidikan dan prestasi lulusan. Selain itu, dari segi mutu dan kualitas, MTs Negeri 16 Ciamis dari tahun ke tahun semakin meningkat antara lain jumlah tenaga guru yang sesuai dengan bidang mengajarnya dan memiliki kompetensi yang tinggi, serta tenaga kependidikan yang memadahi.

 

B.   Profil Madrasah

Nama Madrasah                : MTs Negeri 16 Ciamis

NPSN                                : 20278641

NSM                                  : 121132070019

Status Akreditasi               : A (94)

SK Pendirian                     : SK Menteri Agama RI Nomor 92 Tahun 2009

Tanggal SK Pendirian       : 19 Juni 2009

SK Operasional                 : W.i/I/PP.00.5/603/1992

Tanggal SK Operasional    : 23 Januari 1992

Alamat                               : Jalan             : Nanjung No. 109 RT 04 RW. 09

                                              Desa             : Bangunharja 

                                             Kecamatan   : Cisaga

                                             Kabupaten    : Ciamis

                                             Provinsi        : Jawa Barat

                                             Kode Pos      : 46386


C.   Visi dan Misi MTs Negeri 16 Ciamis

1.    Visi Madrasah

TERUWUJUDNYA INSAN MADRASAH YANG “BERGEMA”

(Berakhlak Mulia, Bergeliat dalam Prestasi, Mandiri dalam Kearifan Lokal)

2.    Misi Madrasah

1.    Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran Agama Islam untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia;

2.    Mengembangkan proses penyelenggaraan pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan dengan menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal;

3.    Membina kemandirian dengan menumbuhkembangkan semangat berkompetisi dan berprestasi pada peserta didik;

4.    Menjalin kerjasama yang harmonis antarwarga madrasah dan pihak lain yang terkait.

 3.    Tujuan

1.  Memberikan layanan pendidikan yang seimbang (kognitif, afektif dan psikomotorik) melalui pembelajaran di kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan;

2.  Menyiapkan kompetensi peserta didik yang memiliki daya saing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi;

3.  Menerapkan sikap kebersamaan, kepedulian dan saling menghargai dalam keragaman melalui penanaman nilai-nilai moderasi beragama;

4. Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dengan menerapkan manajemen berbasis madrasah.

 


Kamis, 18 Juli 2024

Polsek Cisaga Sosialisasikan Bahaya Kenakalan Remaja dan Anti Bullying Dalam Kegiatan MATSAMA di MTsN 16 Ciamis

Cisaga Ciamis – Polsek Cisaga melaksanakan pendidikan masyarakat (Dikmas) tentang kenakalan remaja di lingkungan pendidikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di MTsN 16 Ciamis Desa Bangunharja Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Kamis (18 Juli 2024).

Kegiatan tersebut disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bangunharja, Aipda Kusnendi. Kedatangan Bhabinkamtibmas ini disambut langsung oleh Kepala MTsN 16 Ciamis, Sali, M.Pd. didampingi Kepala Urusan Tata Usaha, Karman, S.Pd.I. beserta seluruh tenaga pendidik MTs Negeri 16 Ciamis.

“Kegiatan ini merupakan implementasi Police Goes to School bertepatan dengan program Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun ajaran baru 2024/2025,” ujar Kusnendi.

Aipda Kusnendi berharap bahwa Police Goes to School ini dapat lebih mendekatkan Polri dengan siswa-siswi di sekolah/madrasah. Selain itu juga dapat menumbuhkan sejak dini tentang kenakalan remaja kepada anak sekolah.

“Ini tentunya agar menumbuhkan generasi emas tanpa perundungan sejak bangku sekolah sehingga apa yang kita inginkan bersama terciptanya dapat tercapai,” katanya.

Selain itu, disampaikan pula pentingnya menjaga generasi penerus bangsa dengan penekanan pada bahaya kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan tindak bullying.

Diakhir kegiatan tidak lupa do’a bersama dipanjatkan sebagai penutup kegiatan dengan memohon keberkahan dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa. 



Pewarta:

>>Humas_MTsN 16 Ciamis