MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Jumat, 29 September 2023

Siswa MTsN 16 Ciamis Ikuti Lomba Kaligrafi Dalam Peringatan Maulid Nabi

Cisaga Ciamis – Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1445 H, MTsN 16 Ciamis mengadakan berbagai kegiatan bagi siswa-siswinya, Jumat (29/9/2023).

Beragama kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali Gema ad-Dibai’ dan Barzanji, lantunan Shalawat Nabi, lalu tausiah keagamaan oleh Ketua MUI Desa Bangunharja, dan setelahnya shalat Jumat digelar lomba kaligrafi antar siswa.

Perlombaan yang digelar tersebut mendapatkan sambutan yang antusias dari semua siswa. Salah satu lomba yang banyak diminati siswa adalah lomba kaligrafi. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang mengikuti unjuk talenta mengikuti karya kaligrafinya. 

Peserta lomba kaligrafi tersebut adalah perwakilan kelas 7, kelas 8, dan kelas 9, yang keseluruhan peserta mencapai 62 siswa di bawah koordinator Tarjono, S.Ag, M.Pd.I dibantu Didi Heryadi, S.Ag. dan Neli Nuraeni, S.Ag.

Penilaian khat/style kaligrafi yang dinilai oleh 3 dewan juri yang telah mumpuni dalam bidang kaligrafi. Juri Pertama, yakni Hasbi Habibi, S.Pd.I, M.Pd., Juri Kedua Hamidatul Aliyah, S.Pd. dan Juri Ketiga Titin Latifah, S.Ag.

“Setelah itu saya dan teman-teman juri kaligrafi berkumpul untuk musyawarah terkait komponen penilaian dan rentang nilai yang akan diberikan. Alhamdulillah, kami telah menyepakati untuk menilai khat/style, pewarnaan, dan ornamennya. Selain itu, kami juga telah menyepakati rentang nilai yang akan diberikan yakni 0-100,” ungkap Hamidaul Aliyah, penanggung jawab keagamaan sekaligus salah satu juri lomba kaligrafi.

Berdasarkan akumulasi nilai dari ketiga juri, maka lomba kaligrafi dalam rangka Peringatan Maulid Nabi 1445 H dimenangkan oleh Ririn Anggraeni dengan total nilai 743 sebagai Juara Pertama, disusul oleh Denansa Azmi Khumaira dengan total nilai 733 sebagai Juara Kedua, lalu Arini Siam Hayati dengan total nilai 693 sebagai Juara Ketiga. Untuk Harapan Pertama diraih oleh Yulianti Wulandari dengan perolehan nilai 662, dan Harapan Kedua diraih oleh Lusiana Ulfah dengan perolehan nilai 660.

“Untuk penyerahan sertifikat kejuaraan akan diberikan langsung selepas upacara hari Senin tanggal 2 Oktober 2023,” pungkas Tarjono. []

2 comments: