MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Jumat, 29 September 2023

Siswa MTsN 16 Ciamis Ikuti Lomba Kaligrafi Dalam Peringatan Maulid Nabi

Cisaga Ciamis – Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1445 H, MTsN 16 Ciamis mengadakan berbagai kegiatan bagi siswa-siswinya, Jumat (29/9/2023).

Beragama kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali Gema ad-Dibai’ dan Barzanji, lantunan Shalawat Nabi, lalu tausiah keagamaan oleh Ketua MUI Desa Bangunharja, dan setelahnya shalat Jumat digelar lomba kaligrafi antar siswa.

Perlombaan yang digelar tersebut mendapatkan sambutan yang antusias dari semua siswa. Salah satu lomba yang banyak diminati siswa adalah lomba kaligrafi. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang mengikuti unjuk talenta mengikuti karya kaligrafinya. 

Peserta lomba kaligrafi tersebut adalah perwakilan kelas 7, kelas 8, dan kelas 9, yang keseluruhan peserta mencapai 62 siswa di bawah koordinator Tarjono, S.Ag, M.Pd.I dibantu Didi Heryadi, S.Ag. dan Neli Nuraeni, S.Ag.

Penilaian khat/style kaligrafi yang dinilai oleh 3 dewan juri yang telah mumpuni dalam bidang kaligrafi. Juri Pertama, yakni Hasbi Habibi, S.Pd.I, M.Pd., Juri Kedua Hamidatul Aliyah, S.Pd. dan Juri Ketiga Titin Latifah, S.Ag.

“Setelah itu saya dan teman-teman juri kaligrafi berkumpul untuk musyawarah terkait komponen penilaian dan rentang nilai yang akan diberikan. Alhamdulillah, kami telah menyepakati untuk menilai khat/style, pewarnaan, dan ornamennya. Selain itu, kami juga telah menyepakati rentang nilai yang akan diberikan yakni 0-100,” ungkap Hamidaul Aliyah, penanggung jawab keagamaan sekaligus salah satu juri lomba kaligrafi.

Berdasarkan akumulasi nilai dari ketiga juri, maka lomba kaligrafi dalam rangka Peringatan Maulid Nabi 1445 H dimenangkan oleh Ririn Anggraeni dengan total nilai 743 sebagai Juara Pertama, disusul oleh Denansa Azmi Khumaira dengan total nilai 733 sebagai Juara Kedua, lalu Arini Siam Hayati dengan total nilai 693 sebagai Juara Ketiga. Untuk Harapan Pertama diraih oleh Yulianti Wulandari dengan perolehan nilai 662, dan Harapan Kedua diraih oleh Lusiana Ulfah dengan perolehan nilai 660.

“Untuk penyerahan sertifikat kejuaraan akan diberikan langsung selepas upacara hari Senin tanggal 2 Oktober 2023,” pungkas Tarjono. []

Senin, 18 September 2023

Hari Pertama ANBK 2023 MTsN 16 Ciamis, Berjalan Sukses dan Lancar

Cisaga Ciamis - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023 MTsN 16 Ciamis hari pertama berjalan dengan lancar dan sukses, Senin (18/9/2023). Kegiatan tersebut terjadwal  mulai Senin-Selasa tanggal 18 s.d 19 September 2023 di laboratorium komputer MTsN 16 Ciamis.

Pelaksanaan ANBK 2023 diikuti seluruh peserta didik kelas VIII. Untuk Pelaksanaan ANBK dilaksanakan sebanyak 2 sesi, dengan perincian sesi 1 (07.30-09.40), dan sesi 2 (10.40-12.50). Walaupun di setiap sesinya beberapa siswa kembali login ulang, seluruhnya dapat menyelesaikan soal sampai akhir.

Menurut laporan tim ANBK 2023 MTsN 16 Ciamis, pada hari pertama sesi pertama dan sesi kedua aman dan terkendali. Tidak ada kendala berat atau fatal selama pelaksanaannya, semua berjalan sukses dan lancar.

Menanggapi hasil pelaksanaan ANBK 2023, Plt. Kepala MTsN 16 Ciamis, Sukmawan, S.Pd.I, M.Si. bersyukur karena semua berjalan dengan lancar dan sukses sesuai harapan. “Alhamdulillah, pelaksanaan ANBK 2023 di MTsN 16 Ciamis walau jauh dari perkotaan dapat sukses dan berjalan lancar. Terima kasih atas kerja sama yang baik dari tim ANBK 2023 MTsN 16 Ciamis dan terima kasih kepada seluruh siswa/siswi karena sudah berusaha semaksimal mungkin,” ucapnya.

Di lain waktu, yakni sebelum pelaksanaan ANBK dimulai Sukmawan, S.Pd.I, M.Si. juga menyampaikan beberapa hal. “Mudah-mudahan Peserta Didik MTsN 16 Ciamis yang mengikuti ANBK 2023 ini mendapatkan nilai yang baik, dan semoga mutu/kualitas pendidikan di MTsN 16 Ciamis dapat meningkat sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan ANBK, semoga semakin “BerGeMa” dan jangan lupa usaha dan juga doa,” pungkasnya. []


Sabtu, 09 September 2023

MTsN 16 Ciamis Menjadi Garda Depan Kirab Merah Putih di Acara Gong Perdamaian

Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong) di Ciamis saatnya ditabuh atau dibunyikan. Gong ini hanya setahun sekali dibunyikan, yakni pada saat hari peringatan saja, tepatnya pada tanggal 9 September.

Perayaan Hari Ulang Tahun (milangkala) Gong Perdamaian Dunia yang ke-14 tahun 2023 di Situs Ciung Wanara Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berlangsung meriah, Sabtu (9/9/2023).

Gong Perdamaian Dunia yang ada di Kabupaten Ciamis ini merupakan 1 dari 5 gong yang ada di Indonesia. 4 gong lainnya berada di Bali, Ambon, Palu dan Blitar. Ukuran Gong Perdamaian Dunia di Ciamis pun merupakan yang terbesar, yakni memiliki diameter 3,33 meter. Sedangkan gong yang lainnya hanya sekitar 2,80 meter. Gong ini terbuat dari perunggu dan plat besi yang dibuat di Yogyakarta.

Pada milangkala Gong Perdamaian Dunia di Ciamis tahun 2023 menjadi ajang launching ikon wisata Priatim Geulis. Sehingga tradisi menabuh Gong Perdamaian Dunia tahun ini menandai lahirnya branding wisata terpadu Priatim Geulis.

Sebelum acara puncak, perayaan ini dimulai dengan Prosesi Kirab Merah Putih yang panjangnya 10001 meter dari Situs Cikahuripan menuju halaman Pusat Budaya Gong Perdamaian Dunia. Yang menjadi garda depan dalam prosesi Kirab Merah Putih ini adalah Paskibra MTsN 16 Ciamis, yang diikuti oleh pelajar lainnya, guru-guru, dan budayawan. Dalam hal ini guru-guru MTsN 16 Ciamis dan tim pelatih Paskibra pun turut memeriahkan acara ini.

Saat tiba di lokasi finish, Kirab Merah Putih yang dikomandoi Paskibra MTsN 16 Ciamis ini disambut langsung oleh Bupati Ciamis, Wakil Bupati, Dandim 0613 Ciamis, tokoh budaya nusantara, dan tokoh lintas agama.

Plt. Kepala MTsN 16 Ciamis, Sukmawan, S.Pd.I, M.S.i. didampingi Kepala Desa Bangunharja, Carikin, S.Ag., M.Pd.I merasa bangga atas kepercayaan Pemkab Ciamis melalui Disbudpora kepada MTsN 16 Ciamis.

Alhamdulillah, sekolah kami, khususnya Paskibra MTsN 16 Ciamis dipercaya untuk menjadi garda depan dalam prosesi Kirab Merah Putih di acara Gong Perdamaian Dunia. Semoga MTsN 16 Ciamis lebih bergema lagi yang telah ikut andil dalam mendukung indeks pendidikan dan moderasi beragama di Kabupaten Ciamis,” ujar Sukmawan, S.Pd.I., M.S.i., yang diamini Kepala Tata Usaha, Karman, S.Pd.I. ***


 

Pewarta : Kang Hasbi Habibi