MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Kamis, 17 Agustus 2023

Paskibra MTsN 16 Ciamis Sukses Jalankan Tugas Dalam HUT RI Ke-78

Ciamis # Cisaga - Tim Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) MTsN 16 Ciamis menjadi petugas upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tingkat Desa Bangunharja di Lapangan Ciming, Kamis (17/08/2023).

Sebanyak 31 peserta didik yang tergabung dalam Tim Paskibra MTs Negeri 16 Ciamis tampil mengesankan dan berkontribusi positif mengawal suksesnya pelaksanaan upacara. Pada upacara pengibaran bendera HUT RI ke-78 sebagai komandan, Syifa Nuraeni; pembawa baki, Titin Rahayu/Sela Prebianti, sebagai pengerek dan pembentang bendera Merah Putih, Arini Siam Hayati dan Sri Yunengsih.

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Kepala Desa Bangunharja, Carikin, S.Ag., M.Pd.I. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan pentingnya mensyukuri nikmat kemerdekaan dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan meneladani semangat juang serta mendoakan arwah para pahlawan.

Pihak MTsN 16 Ciamis, yang diwakili Kepala Tata Usaha, Karman, S.Pd.I. didampingi pelatih Paskibra, Titin Latifah, S.Ag. dan Susi Sulastri, S.Pd. mengungkapkan, “Kami dari pihak sekolah merasa bangga anak didiknya berhasil melaksanakan tugas pengibaran bendera saat upacara HUT RI ke-78 tingkat Desa Bangunharja Kecamatan Cisaga.”

Menurutnya, tim Paskibra MTsN 16 Ciamis melakukan latihan khusus untuk acara HUT RI ke-78 ini kurang dari tiga minggu, namun dapat menjalankan tugas dengan baik, begitu pun Paduan Suara MTsN 16 Ciamis (di bawah asuhan, Didi Heryadi, S.Ag.) dapat melaksanakan tugasnya dengan hebat dan cukup berkesan.

“Paskibra MTsN 16 Ciamis memiliki nama Paskibra ‘Bergema’, yang artinya Paskibra yang Bersama-sama Bergerak Maju,” ungkap Titin Latifah, S.Ag. diamini guru-guru yang lain.

Dalam hal ini, Kepala MTsN 16 Ciamis, Sukmawan, S.Pd.I., M.Si. mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya upacara bendera Peringatan HUT RI ke-78 tingkat Desa Bangunharja Kecamatan Cisaga.

“Terima kasih sekaligus apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Paskibra ‘Bergema’ MTsN 16 Ciamis berikut petugas Paduan Suara atas suksesnya melaksanakan misi tugas mulia sehingga kegiatan upacara berjalan lancar,” pungkasnya.





@MTsN16CmsNews


Rabu, 16 Agustus 2023

MTsN 16 Ciamis Mengucapkan Dirgahayu RI Ke-78


 

Selasa, 15 Agustus 2023

31 Anggota Paskibra MTsN 16 Ciamis Dikukuhkan

Ciamis Cisaga# Menjelang peringatan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun, 31 anggota Pasukan Bendera (Paskibra) MTs Negeri 16 Ciamis melaksanakan "gema pengukuhan."

Pengukuhan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Bangunharja, Carikin, S.Ag., M.Pd.I. dan dari pihak sekolah diwakili oleh Kepala Tata Usaha, Karman, S.Pd.I. Dalam acara pengkuhan ini dihadiri segenap tamu undangan dari jajaran pemerintah desa dan orangtua anggota Paskibra MTsN 16 Ciamis.

Kemudian dilanjutkan dengan pemegangan bendera, serta pemasangan lencana atau tanda kehormatan oleh Kepala Desa Bangunharja kepada komandan pasukan dari anggota Paskibra MTs Negeri 16 Ciamis.

Kepala Desa Bangunharja menuturkan, "Pengukuhan ke 31 anggota Paskibra diharapkan dapat melaksanakan pengibaran merah putih dengan lancar sesuai harapan."

Selain itu, ia meminta agar pelatih juga dapat memperhatikan kesiapan anggota, baik secara fisik maupun sarana prasarana.

"Saya berharap anak-anak Paskibra MTsN 16 Ciamis dapat diperhatikan langsung oleh para pelatihnya, baik secara fisik maupun sarana prasarananya. Sehingga meminimalisir kendala, seperti sepatu lepas dan hal lainnya," kata Carikin ketika diwawancara oleh Tim News MTsN 16 Ciamis, Selasa (15/08/2023) siang.

Pembina Paskibra, Titin Latifah, S.Ag. berharap ke depannya anggota Paskibra MTsN 16 Ciamis dapat menjadi orang-orang yang mengharumkan nama madrasah.

Pengukuhan ini dilaksanakan di Gedung Utama Balai Desa Bangunharja Kecamatan Cisaga, yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga 11.15 WIB.

"Kita juga berharap anak-anak ini dapat mengembangkan sayapnya hingga ke timgkat Kabupaten hingga nasional," pungkas Kang Hasbi Hasbi, S.Pd.I, M.Pd. mewakili guru MTsN 16 Ciamis.





@#mtsn16ciamis.sch.id


Sabtu, 12 Agustus 2023

MTsN 16 Ciamis Mengikuti Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jabar

Ciamis Cisaga - Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 merupakan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian melalui tema "Ceria Bersama, Mandiri dan Berprestasi."

MTs Negeri 16 Ciamis mengirimkan 2 regu penggalang putra dan putri (setiap regunya berjumlah 8 orang). Kegiatan Jambore Pramuka Madrasah ini bertempat di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor Kabupaten Sumedang yang berlangsung dari tanggal 12 s.d. 14 Agustus 2023.

Pembina Pramuka MTsN 16 Ciamis, Tarjono, S.Ag., M.Pd.I. mengatakan, "Sebelum berangkat para peserta diberikan pelatihan gabungan sebagai agenda besar yang diikuti anggota Pramuka Penggalang di tingkat Madrasah.

Plt. Kepala MTsN 16 Ciamis (Ka Mabigus), Sukmawan, S.Pd.I, M.Si. didampingi Kepala Tata Usaha, Karman, S.Pd.I., sebelum pelepasan peserta Jambore mengatakan, "Di bulan Agustus ini, MTsN 16 Ciamis akan menghadapi serangkaian kegiatan besar. Agenda kita cukup padat, mulai dari petugas pengibar bendera, penampilan aubade/ paduan suara, dan di saat ini juga kita mengikuti Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023."

Kegiatan ini, kata dia, bisa dijadikan sebagai momen dan pengalaman yang berharga bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan pertemuan besar bagi anggota Pramuka Penggalang tersebut.

Ka Mabigus, Sukmawan berpesan kepada seluruh peserta Pramuka Penggalang yang mewakili MTsN 16 Ciamis agar bisa menjaga kesehatan serta mengikuti kegiatan Jambore Madrasah dengan penuh disiplin dan menjaga nama baik madrasah dengan sebaik-baiknya.

"Kegiatan ini sangat jarang dilakukan, apalagi ini kan kegiatan pesta Jambore Madrasah. Kami berharap kepada adik-adik yang menjadi delegasi dari MTsN 16 Ciamis bisa ikut mewarnai kegiatan jambore ini dengan baik," pungkasnya. ***






Pewarta: Hasbi Habibi