MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Rabu, 24 Mei 2023

Desa Bangunharja Jadi Salah Satu Desa Wisata Terbaik

Cisaga Ciamis – Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditetapkan sebagai salah satu dari 10 Desa Wisata Terbaik di Kabupaten Ciamis oleh Tim Anugerah Desa Wisata Ciamis.

Pesona keindahan alam pedesaan Bangunharja seolah-olah tak ada habisnya untuk dijelajahi, tak terkecuali suasana wisata alamnya lengkap dengan keindahan aliran-aliran sungainya.

Desa yang yang dijuluki Kampoeng Kamoeti dan mulai melejit dengan abon ikan nilanya ini berjarak sekitar 32 km dari alun-alun Kabupaten Ciamis, yang secara geografis berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Destinasi yang dimiliki Desa Bangunharja, di antaranya Curug Cicapar dan Sungai Cicapar. Curug Cicapar berada di area Perhutani yang dikelilingi pohon jati dengan suasana alam yang masih asri. Airnya bersumber langsung dari mata air yang sangat jernih.

“Untuk menuju Curug Cicapar, pengunjung harus melewati jalan setapak, ya sedikit curam, yang dikelilingi hutan yang rimbun,” ujar Ibu Kuwu, Neli Nuraeni, S.Ag. disela-sela kesibukannya.

Selanjutnya Kepala Desa Bangunharja, Carikin, S.Ag., M.Pd.I didampingi Ibu Kuwu mengatakan bahwa selain destinasi itu, Bangunharja memiliki wisata wahana air Bendungan Bantarheulang yang sangat menarik.

“Bahkan pada hari Minggu (28/05/2023) akan diadakan Launching Fun Tubing di Bantarheulang yang cukup memacu adrenalin,” imbuhnya. []






Pewarta: KH

0 comments:

Posting Komentar