MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Rabu, 24 Mei 2023

Desa Bangunharja Jadi Salah Satu Desa Wisata Terbaik

Cisaga Ciamis – Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditetapkan sebagai salah satu dari 10 Desa Wisata Terbaik di Kabupaten Ciamis oleh Tim Anugerah Desa Wisata Ciamis.

Pesona keindahan alam pedesaan Bangunharja seolah-olah tak ada habisnya untuk dijelajahi, tak terkecuali suasana wisata alamnya lengkap dengan keindahan aliran-aliran sungainya.

Desa yang yang dijuluki Kampoeng Kamoeti dan mulai melejit dengan abon ikan nilanya ini berjarak sekitar 32 km dari alun-alun Kabupaten Ciamis, yang secara geografis berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Destinasi yang dimiliki Desa Bangunharja, di antaranya Curug Cicapar dan Sungai Cicapar. Curug Cicapar berada di area Perhutani yang dikelilingi pohon jati dengan suasana alam yang masih asri. Airnya bersumber langsung dari mata air yang sangat jernih.

“Untuk menuju Curug Cicapar, pengunjung harus melewati jalan setapak, ya sedikit curam, yang dikelilingi hutan yang rimbun,” ujar Ibu Kuwu, Neli Nuraeni, S.Ag. disela-sela kesibukannya.

Selanjutnya Kepala Desa Bangunharja, Carikin, S.Ag., M.Pd.I didampingi Ibu Kuwu mengatakan bahwa selain destinasi itu, Bangunharja memiliki wisata wahana air Bendungan Bantarheulang yang sangat menarik.

“Bahkan pada hari Minggu (28/05/2023) akan diadakan Launching Fun Tubing di Bantarheulang yang cukup memacu adrenalin,” imbuhnya. []






Pewarta: KH

Senin, 01 Mei 2023

Pentingnya Pengelolaan Arsip yang Tepat di Sekolah


Penulis

Karman, S.Pd.I

(Kepala Tata Usaha MTsN 16 Ciamis)


Sekolah/madrasah, dalam kegiatan sehari-harinya maupun kegiatan secara historis, tidak akan terlepas dari aktivitas pengarsipan. Karena itu keberadaan kearsipan sangat diperlukan. Dengan adanya kegiatan di sekolah/madrasah, arsip akan terus tumbuh dan berkembang secara akumulatif sesuai dengan semakin kompleksnya fungsi dan tugas bagian tata usaha.

 

Arsip mempunyai peranan yang sangat penting bagi sebuah organisasi (sekolah/ madrasah), terutama arsip dinamis aktif. Karenanya, keberadaan arsip perlu mendapatkan perhatian khusus, sehingga benar-benar menunjukkan peran sebagai pendukung dalam penyelesaian pekerjaan yang dilakukan semua personel dalam sekolah tersebut. Arsip yang disimpan merupakan bank data yang dapat dijadikan pencarian informasi apabila diperlukan. Dengan demikian kita bisa mengingat atau menemukan kembali informasi-informasi yang terekam dalam arsip tersebut.

 

Salah satu komponen paling penting dalam managemen kearsipan adalah tata persuratan dan pengurusan surat. Surat dapat diartikan sebagai sumber informasi yang penting sehingga dapat dijadikan bukti otentik. Pengurusan surat merupakan salah satu elemen dan fungsi arti program manajemen kearsipan. Dengan melaksanakan pengelolaan surat secara efektif akan mempercepat proses pelaksanaan kerja.

 

Tugas pokok bagian arsip di sekolah, contohnya madrasah adalah:

a. Melakukan pengelolaan tata persuratan dan kearsipan

b. Melakukan pelayanan pengadaan dan pemeliharaan, perlengkapan dan administrasi kerumah-tanggaan.

 

Sedangkan fungsinya adalah:

a. Melakukan kegiatan pengelolaan surat sejak diterima, diarahkan, dicatat dan didistribusikan ke unit pengolah dan sejak surat ditandatangani dari unit pengolah kemudian dikirim ke alamat yang dituju.

b. Melakukan pengolaan informasi tertulis yang mencakup pengaturan jenis format, penyiapan, pengaman, pengabsahan, distribusi, dan penyimpanan serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan.

 

Adapun tujuan dari tata persuratan adalah:

1. Menciptakan keseragaman dalam pola umum penyelenggaraan tata persuratan.

2. Mewujudkan tata kearsipan yang lebih berdaya guna berhasil guna.

3. Menunjang kelancaran komunikasi kedinasan dan kemudahan dalam pengendalian pelaksanaannya.

4. Meningkatkan daya guna dan hasil guna secara berkelanjutan dalam penyelenggaraan dalam tugas-tugas kedinasan.

 

Keadaan yang Diinginkan

Setiap kegiatan diperlukan bantuan data, demikian juga dalam pengambilan keputusan yang lebih popular dengan Sistem Informasi Manajemen. Tersedianya data yang lengkap akan menghasilkan keputusan secara efektif dan efesien.

Sistem di sini diartikan sebagai suatu mekanisme yang mengatur data mulai dari pengumpulan, pemilihan, pengolahan, penyimpanan, penemuan kembali, penyajian, pendistribusian kepada manajemen atau pengambilan keputusan. Informasi adalah data yang sudah diolah sesuai dengan kebutuhan pengambilan keputusan.

 

Manajemen dalam konteks ini adalah para pimpinan yang bertugas membuat masing-masing fungsi yang ada di suatu organisasi. Arsip dalam berbagai bentuk, jenis dan tingkat fungsionalnya, merupakan salah satu sumber data. Efektivitas arsip dalam peran dan fungsinya sangat tergantung dari manajemen kearsipan yang diterapkan.

 

Dengan ini maka pengelolaan arsip di lingkungan sekolah yang baik, katanya, akan menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pengelolaan arsip yang tepat akan menciptakan administrasi sekolah/madrasah yang benar, sehingga dapat menunjang efektivitas, efisiensi, maupun produktivitas bagi sekolah/madrasah. []