MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Sabtu, 29 April 2023

Keseruan Ujian Praktik SBK di MTsN 16 Ciamis

 

 

Cisaga Ciamis - MTs Negeri 16 Ciamis menggelar Ujian Praktik SBK (Seni Budaya & Keterampilan) dengan mengemasnya dalam kegiatan keterampilan sablon/ cetak saring sebagai satu teknik proses cetak yang menggunakan layar (screen), Sabtu (29/04/2023).

Muatan SBK sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya dalam satu bidang kegiatan saja karena budaya dan keterampilan itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.

Kepala MTsN 16 Ciamis, Drs. H. Nendi Supendi, M.Pd. mengatakan, “Ujian Praktik SBK sebagai ujian praktik perdana melalui keterampilan sablon ini merupakan keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik.”

Guru SBK, Didi Heryadi, didampingi Wakamad Kurikulum, Tarjono, memberikan laporan bahwa Ujian Praktik Kelas IX kali ini nampak berbeda dari tahun ke tahun dengan adanya kreativitas yang baru. “Kegiatan keterampilan sablon dalam Ujian Praktik SBK Kelas IX ini mampu menghipnotis antusias anak didik,” ujar Didi.

Sulistiani, peserta Ujian Praktik Kelas IX mengaku senang dengan seluruh rangkaian kegiatan Ujian Praktik di hari pertama ujian melalui unjuk keterampilan seperti ini. “Praktik menyablon di sekolah ini cukup seru dan menyenangkan. Dalam ujian ini saya harus benar-benar teliti dan hati-hati, tapi akhirnya saya bisa praktik sendiri,” tuturnya.

Kepala MTsN 16 Ciamis menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjaring semua bakat dan minat yang ada pada diri peserta didik, terlebih saat peserta didik Kelas IX akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Konsep Ujian Praktik SBK seperti ini merupakan pembelajaran kolaboratif yang sudah diterapkan di MTsN 16 Ciamis.

“Lakukan apa yang kamu bisa, dengan apa yang kamu miliki. Bapak berharap kalian mampu menampilkan yang lebih baik lagi dari yang baik ini,” pungkas H. Nendi sebagai Kepala MTsN 16 Ciamis didampingi Kepala Tata Usaha, Karman. ***

 

 

Pewarta: Kang_Hasbi

0 comments:

Posting Komentar