MTsN 16 Ciamis "BerGeMa"

Selasa, 20 Desember 2022

Meriah!!! Puluhan Siswa MTsN 16 Ciamis Adu Keterampilan Memasak

Cisaga
-- Suasana tampak berbeda di MTs Negeri 16 Ciamis (Selasa, 20/12/2022), pasalnya puluhan siswa tampak antusias mengikuti lomba memasak antar kelas.

Lomba yang bertajuk "Masak Makan Bareng," para siswa ditantang membuat satu menu makanan dan satu minuman segar. Lomba ini pun sukses membuat para siswa kembali sumringah pasca melewati Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023.

Wakamad Kesiswaan, Didi Heryadi, didampingi Tim Juri, Pak Tarjono, Pak Tedi Lesmana, dan Pak Agus Permadi, menyebutkan ada 75 siswa yang terlibat dalam aktivitas lomba memasak ini. Tidak ada yang menganggur, karena setiap siswa mendapat tugas masing-masing.

"Ya, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakkan antarsiswa. Melalui lomba ini, jiwa wirausaha ditumbuhkan, khususnya di bidang kuliner dan memunculkan ide-ide baru untuk wirausaha," jelas Wakamad Kesiswaan.

Peserta, Allichia Khoerunisa, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. Dari lomba memasak ini, ia merasakan kebersamaan dan kekompakkan dengan teman-teman sekelasnya. "Senang, karena ternyata kita semua bisa kompak mengikuti lomba, dari mulai persiapan, memasak sampai menyajikannya," ujarnya.

Usai memasak, para siswa menghidangkan satu menu makanan dan minuman untuk dinilai di meja juri. Sedangkan indikator penilaiannya, yakni rasa, komposisi hidangan, keindahan penyajian, dan kekompakkan antartim. (*)





Pewarta: Kang_Hasbi

Rabu, 14 Desember 2022

Hari Amal Bhakti Kemenag RI 2023: Sejarah Singkat dan Tema

MTsN 16 Ciamis - Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI diperingati setiap tanggal 3 Januari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Departemen Agama RI.

Pada tanggal 3 januari 1946 merupakan hari berdirinya Departemen Agama yang didasari oleh Penetapan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1956 tanggal 1 Maret 1956. Dari situlah, setiap 3 Januari diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Departemen Agama RI.

Namun sejak tanggal 3 Januari 1980, pada peringatan HUT Departemen Agama ke-34 diubah penyebutannya menjadi Hari Amal Bhakti (HAB) Departemen Agama RI (sekarang Kementerian Agama).

Perubahan penyebutan mengandung konotasi mengenai perihal bahwa setiap memperingati hari jadi Kementerian Agama, maka tujuan yang paling penting adalah untuk menggugah kembali tekad seluruh jajaran Kementerian Agama agar meneruskan amal bakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia.

Sebutan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI mengandung konotasi bahwa lahir dan hadirnya Kementerian Agama RI merupakan salah satu rentetan konsensus nasional mengenai dasar dan ideologi negara, yaitu Pancasila.

Hari Amal Bhakti (HAB) 2023, akan diperingati yang ke-77. Oleh karena itu, pada 8 Desember 2022, Kemenag RI telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 40 tahun 2022, tentang Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementrian Agama Republik Indonesia Tahun 2023.

Peringatan HAB Kemenag RI ke-77 tahun 2023, mengusung tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”. Dimana berdasarkan surat edaran tersebut, rangkaian kegiatannya dilaksananakan tanggal 10 Desember hingga 15 Januari 2023.

Itulah sejarah singkat dan tema Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI. ***

Sabtu, 03 Desember 2022

MTsN 16 Ciamis Selenggarakan PAS Berbasis Website


Ciamis #Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan kegiatan wajib yang harus diselenggarakan oleh semua madrasah dalam rangka menguji dan mengevaluasi hasil belajar siswa selama satu semester.

MTsN 16 Ciamis sebagai madrasah yang berkomitmen mewujudkan madrasah yang melek digital akan menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023 berbasis Website.

Kepala MTsN 16 Ciamis, Hj. Ira Robiah, S.Ag., M.Pd.I didampingi Kepala Tata Usaha, Karman, S.Pd.I mengatakan, “Pelaksanaan PAS dengan berbasis website ini kami lakukan dalam rangka membiasakan para siswa mengerjakan ujian dengan menggunakan perangkat IT.”

Untuk mensukseskan pelaksanaannya disamping persiapan ruangan sebelum PAS dilaksanakan (Senin, 5/12/2022) yang dimulai pukul 07.00 WIB, Kepala MTsN 16 Ciamis didampingi tim Panitia mengadakan sosialisasi pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) di hadapan para siswa yang dilaksanakan di halaman sekolah.

“Kita berdoa semoga PAS yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, ya sukses pelaksanaan dan sukses hasilnya,” pungkas Bunda Ira. ***